Friday, August 4, 2017

Membuat Program Sederhana dengan Android Studio

Program Sederhana Input Text


Selamat Siang buat para pengunjung KurniadiSan's Blog..
Hari ini saya akan membagikan tulisan mengenai Cara Membuat Program Sederhana Menggunakan Android Studio. Saya juga baru belajar sih, tapi tidak ada salahnya buat berbagi ilmu kan ? Kalau nantinya ada diantara pembaca yang mau ikut berbagi boleh ya, tinggal ditambahkan saja di komentar. Oke ?

Sekilas saya mau jelasin dulu. Dalam pembuatan aplikasi android itu ada dua file yang harus dibuat yang pertama file berekstensikan java yang berisi koding dan perintah-perintah yang akan berjalan dalam program aplikasi nantinya. Kedua file berekstensikan xml yang merupakan file yang menjadi tampilan layout dari program aplikasi kita. Sudah cukup jelas kan yang saya tulis ? Lanjut ya..

Saya tidak akan jelaskan mulai dari proses install, karena saya menganggap anda yang ingin membaca tulisan ini adalah anda yang sudah menginstall Android Studio di Laptop/PC-nya. Langsung saja. Berikut Langkah-langkahnya :




1. Buka Android Studio Kalian lalu masukkan nama aplikasi kalian. Klik Next.



2. Tentukan Platform yang kalian inginkan beserta minimum SDK-nya. Klik Next.



3. Pilih Empty Activity. Klik Next.



4. Masukkan nama file.java dan file.xml nya. Kalau mau mengikuti default-nya juga tidak masalah.



5. Selanjutnya buka activity_main.xml (Ada di folder res/layout/activity_main.xml). Kemudian buat tampilan seperti yang ada di gambar. Untuk membuatnya anda bisa melakukan drag + drop dari Pallete window ke tampilannya secara langsung. Atau bisa jiga melalui koding.



Berikut penjelasannya :
  • width : mengatur lebar widget
  • height : mengatur tinggi widget
  • text : mengatur teks yang akan muncul pada widget
  • gravity centre : mengatur teks agar rata tengah
  • margin top : mengatur jarak widget dangan apa yang ada di atasnya
  • hint : mengatur teks yag akan muncul sebagai petunjuk pada editText
  • id : merupakan nama dari widget tersebut, biasanya digunakan untuk memanggil widget dalam koding java.


6. Buka MainActivity.java lalu ketikkan koding berikut.

Berikut penjelasannya :
  • package merupakan folder dimana MainActivity.java tersimpan
  • import merupakan bagian dimana kita memanggil library-library yang sudah ada.
  • public class MainActivity extends AppCompatActivity merupakan pembuatan kelas MainActivity yang diberikan kemampuan sebagai turunan dari AppCompatActivity
  • protected void onCreate merupakan fungsi yang akan dieksekusi untuk membuat aplikasi berjalan dan muncul.
  • setContentView merupakan perintah untuk memunculkan tampilan layout dari file xml yang ada.
  • Tiga baris berikutnya merupakan deklarasi variable. Saya akan jelaskan satu dari tiga yang ada.
    • final EditText EDITTEXT = (EditText) findViewById (R.id.editText);
    • final digunakan apabila variable ini akan dilakukan didalam fungsi yang lain
    • Sintaks setelah "final" berarti kita akan mendeklarasikan variable bertipe EditText dengan nama EDITTEXT dimana EDITTEXT ini adalah EditText yang ditemukan di layout dengan id "editText"
  • BUTTON.setOnClickListener merupakan fungsi yang akan dijalankan bila button di klik
  • TEXTVIEW.setText merupakan perintah untuk mengubah text yang ada pada textView
  • EDITTEXT.getText merupakan perintah untuk mendapatkan String dari editText


7. Terakhir Run Program dengan Emulator atau Smartphone anda.


No comments:

Post a Comment